Tentang Jurnalistik

Mendengar kata jurnalistik, apa yang terbayang di pikiran kita? Seorang reporter yang tengah meliput berita? Sebuah surat kabar yang berisi berita hari itu? Atau seseorang yang duduk di depan computer sambil mengetik berita yang ia dapat? Jika memang itu yang terpintas di pikiran kita, berarti  kita sudah mengerti apa itu jurnalistik. Jurnalistik adalah segala hal yang berhubungan dengan persuratkabaran. Sedangkan kegiatan mengumpulkan, menulis, mengedit dan menerbitkan berita di surat kabar disebut jurnalisme.
Terkadang kita tidak membaca suatu berita sampat tuntas. Begitu tahu inti atau klimaks dari berita mata kita beralih ke halaman lain untuk membaca berita lain yang menarik bagi kita. Nah, gaya penulisan berita yang diawali klimaks lalu diikuti bagian yang kurang penting hingga tidak penting disebut piramida terbalik.
Ada banyak manfaat yang kita dapat dari membaca surat kabar, diantaranya menambah wawasan, mengetahui peristiwa yang tengah terjadi di sekitar kita hingga belahan bumi lain. Oleh karena itu berita yang disajikan haruslah aktual. Aktual berarti berita tersebut masih segar, baru saja terjadi. Percuma hari ini kita membaca berita ternyata peristiwa tersebut sudah terjadi seminggu yang lalu.
Selain berita yang menggambarkan kejadian nyata, terkadang kita menemukan tulisan yang berisi pendapat atau pikiran seseorang. Tulisan seperti  itu disebut opini. Bisa juga kita menemukan karya jurnalistik yang merupakan gabungan berita dan opini serta mengandung human interest. Dalam dunia jurnalistik, tulisan seperti itu disebut feature. Karya jurnalistik lain yang tidak asing bagi kita adalah essay, yaitu karangan prosa yang menggambarkan sudut pandang penulis secara sepintas mengenai suatu masalah tertentu.
Seorang reporter harus menerapkan sila kelima Pancasila dalan menulis berita. Ia harus adil terhadap semua pihak yang menjadi obyek berita dengan cara meliput semua pihak yang terlibat dalam peristiwa. Perilaku seperti ini disebut cover both side.
Ternyata ada banyak hal yang belum kita ketahui tentang jurnalistik. Semoga tulisan ini bisa membuat kita lebih mengenal dunia yang kita cintai, dunia jurnalistik. Salam pers mahasiswa!

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar